Beranda » Destinasi » Candi Prambanan, Candi Dengan Seribu Cerita

Jogjatourholic.com Indonesia memiliki banyak candi yang dijadikan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Selain Candi Borobudur, ada juga wisata Candi Prambanan yang dijadikan warisan budaya dunia sejak tahun 1991. Candi Prambanan, candi dengan seribu cerita. Seindah apa situs bersejarah itu? Kita akan bahas di sini.

Selain megah dan indah, bangunan penting umat Hindu ini juga memiliki berbagai hal yang pasti seru untuk dieksplorasi. Mulai dari legenda Roro Jonggrang, kompleks bangunan yang luar biasa megah sampai Sendratari Ramayana.

Bagian dalam bangunan pun tak kalah menarik. Ada banyak sekali relief-relief yang sambung menyambung dan membentuk suatu cerita tentang kehidupan masa lalu objek wisata ini, termasuk asal usulnya.

Komplek Candi Prambanan

Kalau berbicara mengenai wisata Candi Prambanan, pasti tak bisa jika tidak membicarakan Roro Jonggrang. Namun ternyata ada versi cerita mengenai asal usul Candi Prambanan yang lain.

Warisan Rakai Pikatan

Diceritakan bahwa pembangunan candi ini dimulai oleh oleh Rakai Pikatan. Ia adalah raja Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya.

Pembangunan tersebut dimulai sekitar tahun 850 masehi dan masih berlanjut hingga pemerintahan Raja Lokapala. Bangunan ini merupakan “tandingan” dari situs Wangsa Syailendra, yaitu Borobudur.

Menurut Prasasti Shivagrha, terdapat informasi bahwa tempat ini dibangun untuk menghormati Dewa Siwa sebagai dewa tertinggi. Walau telah dibangun banyak candi candi kecil di sekitarnya, situs ini tetap jadi tempat utama untuk menggelar upacara sakral dan upacara pengorbanan agama Hindu.

Kegiatan di Candi Prambanan

Saat Anda mengunjungi Prambanan, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menonton Ramayana Ballet Prambanan. Pertunjukan tersebut memadukan banyak aspek seperti tarian, seni pertunjukan, hingga tata panggung yang dikemas secara kolosal. Pertunjukan ini mengisahkan tentang cerita Ramayana yang berusaha untuk mendapatkan Dewi Shinta.

RENTAL MOBIL. Rental mobil murah jogja plus driver/supir, pelayanan ramah dan jujur, yang penting pelanggan happy ! (siap sedia: hiace, innova reborn, avanza, dll)
[ Daftar Mobil ]

Untuk Anda yang ingin menonton pertunjukan tersebut, bisa datang ke Prambanan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai dari pukul 19.30 hingga 21.30 WIB. Sedangkan, untuk tiketnya sendiri, dibagi dalam beberapa kelas seperti Kelas 2 seharga Rp 125.000, kelas 1 seharga Rp 200.000, khusus Rp 300.000 dan VIP seharga Rp 400.000. Semua tiket ini bisa Anda peroleh melalui online, pihak ketiga hingga membelinya langsung di tempat pertunjukan.

Cara Menuju Candi Prambanan

Untuk mencapai Prambanan ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh. Jika menggunakan pesawat, bisa turun di Bandara Adi Sucipto dan naik taksi selama 15 menit untuk nantinya sampai ke Prambanan. Sedangkan, untuk Anda yang  menggunakan bus dengan jurusan Jogja-Solo bisa langsung turun di depan loket masuk Prambanan. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pergilah ke arah utara Jogja. Setelahnya, Anda bisa mengambil jalur melalui ringroad, Anda akan sampai ke jalan Solo dan berjalan ke arah timur dan langsung melihat Prambanan di sebelah kiri Jalan.

Atau Anda juga bisa menggunakan jasa Jogja Tour Holic dengan paket lengkap dan fasilitas terbaik. Fasilitas yang ditawarkan berupa alat transportasi untuk dalam dan luar kota seperti mobil Avanza, Innova, dan Hiace di Jogja. Armada yang dimiliki Jogjatourholic.com merupakan keluaran terbaru. AC dingin, mobil bersih dan wangi dengan perawatan berkala. Dan yang terpenting Anda akan dilayani dengan supir yang handal.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

WA