Beranda » Destinasi » Malioboro Jantung Kota Yang Bikin Candu

Jogjatourholic.com Nikmati bersama suasana Jogja, begitulah penggalan lirik band legendaris asal Jogja  mendeskripsikan suasana Kota Pelajar ini. Malioboro jantung kota yang bikin candu di setiap langkah para tamu. Darimanapun asalnya mereka tetapi ada satu tempat yang menjadi magnet bagi wisatawan asing maupun nusantara, yaitu Malioboro.

Asal Usul Malioboro

Begitu mendengar kata objek wisata Malioboro Jogja, apa yang langsung terlintas dalam pikiran Anda? Belanja? Makanan? Atau nama tempat? Terus tahukah Anda “Malioboro” itu sebenarnya nama apa?

Malioboro Jogja

Malioboro Jogja adalah suatu nama jalan yang keberadaannya sudah lama sekali. Kira kira tempat itu dibangun sekitar tahun 1750-an. Penamaan jalan ini ternyata ada kaitannya dengan nama kota Jogja itu sendiri.

Menurut Dosen Sejarah UI, Prof Peter Brian Ramsey Carrey, nama asli kota Jogja adalah Ngayogyakarta. Nama itu terinspirasi dari sebuah nama kerajaan di kitab Ramayana, yaitu “Ayodya”. Orang Jawa menyebutnya Ngayodya, sehingga terdengar seperti “Ngayogya”.

Di dalam kitab itu juga, ada satu jalan utama yang sangat terkenal. Jalan merupakan jalan utama tempat penyambutan Raja dan tamu tamunya, serta merupakan jalan penting yang memiliki banyak berkah.

Nama yang jalan tersebut adalah “Malyabhara”. Dalam Bahasa Sansekerta, “Malya” berarti bunga dan “bhara” yang diambil dari kata “bharin” yang artinya mengenakan. Jadi jalan yang mengenakan bunga (jalan yang istimewa).

Maka nama itu diambil untuk menamai jalan yang terletak dekat dengan Keraton Yogyakarta itu. Karena pengaruh pengucapan orang Jawa dimana huruf “a” dibaca “o”, maka terdengar jadi Malioboro.

Ketika awal dibangun, jalan tersebut tidak langsung ramai. Adalah Belanda yang mempeloporinya sebagai pusat Kota di Yogyakarta sehingga jadi ramai. Karena ingin menyaingi popularitas Keraton Yogyakarta, Belanda lalu membangun Benteng Vredeburg dan The Dutch Club tahun 1800-an.

Karena semakin ramai, letak Malioboro jadi semakin strategis sehingga Belanda membangun rumah Gubernur Belanda di jalan tersebut. Itulah sekilas tentang sejarah Malioboro Jogja.

Ada beberapa versi cerita berbeda yang muncul di kalangan masyarakat. Ada yang bilang nama jalan ini diambil dari nama seorang kolonial Inggris bernama Duke of Marlboro. Ada juga yang bilang bahwa penamaan tersebut berdasarkan papan iklan merek rokok yang dulu dipajang di tempat itu.

Kebenaran tentang kedua cerita di atas belum bisa dipastikan. Hanya saja, cerita-cerita tersebut tidak berdasar dan tidak ada penjelasan ilmiah berupa bukti atau dokumen pendukung.

Ada banyak hal hal seru yang bisa Anda lakukan disini, di antaranya adalah?

Kegiatan di Malioboro

Tempat ini terkenal sebagai wisata kuliner paling komplit di Kota Gudeg. Di sini, Anda bisa nemuin makanan apa aja, mulai dari makanan tradisional Yogyakarta seperti gudeg atau Yamko, sampai makanan yang unik seperti oseng oseng mercon (oseng oseng petasan) atau Sate Kere (sate miskin). Dan pastinya juga makanan makanan yang susah ditemuin di kota kota lain.

RENTAL MOBIL. Rental mobil murah jogja plus driver/supir, pelayanan ramah dan jujur, yang penting pelanggan happy ! (siap sedia: hiace, innova reborn, avanza, dll)
[ Daftar Mobil ]

Rata rata, semua wisata kuliner Jogja ini dijual dengan harga merakyat sehingga Anda bisa makan dengan puas. Terlebih bila Anda berada di Pasar Malioboro Yogyakarta yang bernama Pasar Beringharjo. Di sana terdapat banyak pilihan makanan.

Selain mencicipi kuliner Jogja, Anda bisa berswafoto di sini. Tiap sudut kota Malioboro bisa dibilang asyik untuk selfie bersama teman-teman. Apalagi banyak musisi dengan suara merdu yang akan membuat Anda berdendang selama di Malioboro. Menariknya ada seniman jalanan yang rela menghiasi wajah mereka dengan berbagai sosok hantu seperti kuntilanak atau pocong.

Meski Malioboro memberikan pengalaman seru selama di Jogja, tetapi transportasi menuju ke sini juga wajib dipertimbangkan. Untuk Anda yang baru pertama ke Malioboro, Anda akan kesulitan mencari lahan parkir kendaraan Anda.

Oleh karena itu Jogja Tour Holic menawarkan paket lengkap dan fasilitas terbaik. Fasilitas yang ditawarkan berupa alat transportasi untuk dalam dan luar kota seperti mobil Avanza, Innova, dan Hiace di Jogja. Armada yang dimiliki Jogja Tour Holic merupakan keluaran terbaru. AC dingin, mobil bersih dan wangi dengan perawatan berkala. Dan yang terpenting Anda akan dilayani dengan supir yang handal. Jadi Anda tidak perlu repot mencari parkiran di malioboro.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

WA