Beranda » Destinasi » Menikmati Sensasi Gurun Sahara di Gumuk Pasir Parangkusumo

Menikmati sensasi gumuk pasir Parangkusumo, yah tempat wisata di Yogyakarta yang mirip Gurun Sahara! Yak benar, mungkin kalian nggak akan percaya, tetapi keberadaan tempat wisata cukup mengejutkan sebagian besar traveler. Memang, kondisi Gumuk Pasir Parangkusumo ini cukup mirip dengan Gurun Sahara yang lokasinya di Afrika Utara.

Sejarah Gumuk Pasir Karangkusumo

Sensasi Gumuk Pasir Parangkusumo

by visitjogja.com

Konon disebutkan gundukan pasir seperti ini hanya ada dua di dunia. Salah satunya ada di Meksiko, dan yang paling dekat dan juga mudah dijangkau adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang ada di Yogyakarta ini. Untuk yang belum tahu, lokasi tepat keberadaan wisata tempat ini ini adalah berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Keberadaan gurun pasir mini di Yogyakarta ini sebenarnya ini tidak lepas karena keberadaan Gunung Merapi, Gunung Merbabu yang ada di bagian Utara Yogyakarta. Selain itu eksistensi Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis juga ikut menyumbang terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk pasir ini memang karya seni yang terbuat secara alami oleh alam. Kalian pasti terkesima, ketika pertama kali memasuki kawasan gumuk pasir di dekat Parangtritis ini. Kalian akan melihat lautan pasir luas dengan hiasan berupa gundukan-gundukan pasir alami dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Asal Mula Gumuk Pasir Karangkusumo

Seolah tempat ini adalah tumpukan pasir yang sengaja dibentuk oleh alam, untuk dimanfaatkan oleh manusia. Bentuknya sendiri bermacam macam, tergantung kodisi alam yang membentuknya. Memang variasi bentuk gumuk pasir itu terpengaruh oleh penghalang material pembentuk gumuk pasir yang berupa vegetasi, kecepatan angin, juga arah angin.

Gundukan pasir yang terkumpul adalah merupakan material yang berasal dari abu vulkanik Gunung Merapi. Aneh kan? Tetapi yang jelas material vulkanik dari gunung yang berada di utara yogyakarta tadi terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis.

Material vulkanik tersebut terbawa hingga lautan, dan terombang-ambing oleh ombak laut selatan yang ganas tanpa arah. Kemudian, perlahan tapi pasti material tadi hancur, menjadi lebih tipis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai.

Proses tadi terjadi secara perlahan dan terus-menerus dan membentuk Gumuk Pasir Parangkusumo. Iya, proses alamiah tadi adalah kreasi alam yang berupa gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis hingga Pantai Depok. Setelah bertahun – tahun, Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar meninggi karena tiupan angin sepanjang tahun.

Menikmati Sensasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk kalian yang mau tahu lebih lanjut fenomena unik ini, kalian bisa main juga ke ke Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis yang lokasinya tidak jauh dari sana. Di tempat ini kalian bisa meminta untuk dijelaskan lebih lanjut tentang fenomena gumuk pasir ini. Karena itu, selain destinasi yang bisa memacu adrenalin dengan Sandboardingnya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini sebenaranya juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk Eduwisata di Yogyakarta.

Baca juga: Promo paket wisata Jogjakarta

Namun, belakangan ini, tempat wisata di selatan Yogyakarta ini makin ngehits sebagai tempat bermain Sandboarding. Iya, tempat tersebut bisa menjadi tempat wisata yang menantang dan juga seru untuk yang ingin merasakan bermain ski sandboarding.

Jika Anda sekeluarga ingin menikmati wisata Pasir Gumuk Parangkusumo, atau juga menjelah pantai-pantai di Bantul. Kami Jogjatourholic siap dengan driver dan armada-armada terbaik, dapatkan promo sewa mobil jogja ditempat kami.

Tags:

Share it !

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.