Museum Ullen Sentalu

30 Desember 2022 4.127x Destinasi

Beranda » Destinasi » Museum Ullen Sentalu

AAlasBagi pecinta sejarah, pastikan kamu telah menulis nama Museum Ullen Sentalu ke dalam rencana perjalanan liburan ke Yogyakarta. Berlokasi di Sleman, museum ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun bus. Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja, sehingga jauh dari kebisingan maupun polusi udara.

Ullen Sentalu sendiri adalah singkatan dari ulating blencong sejatine tataraning lumaku yang artinya “nyala lampu blencong dapat menjadi petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.  Tempat wisata ini menyajikan nilai sejarah yang edukatif sehingga cocok untuk segala umur. Selain itu ada alasan lain yang mengharuskan kamu datang ke Ullen Sentalu. Daripada penasaran, mending langsung baca ulasan berikut!

Belajar Sejarah Sambil Menikmati Karya Seni di Museum Ullen Sentalu

Pada tanggal 1 Maret 1997, Sri Paduka Paku Alam VIII selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta meresmikan bangunan museum. Dari sejak itu, Museum Ullen Sentalu boleh dikunjungi oleh masyarakat umum. Salah satu kelebihan yang menjadi daya tariknya adalah koleksi-koleksi peninggalan kerajaan dari masa lampau.

Di sini kamu dapat belajar sejarah maupun budaya Jawa di masa lampau secara komprehensif.  Pihak pengelola juga sudah menyediakan guide yang akan menerangkan informasi terkait barang-barang tersebut kepada para pengunjung. Tentu ini membuat pengalaman berkunjung ke Museum Ullen Sentalu berbeda dari kunjungan ke museum lain yang ada di Jogja. Pokoknya sangat direkomendasikan bagi kalian yang suka dengan sejarah.

Memiiki Koleksi yang Lengkap

Ullen Sentalu Yogyakarta adalah tempat dimana berbagai macam koleksi peninggalan kerajaan Mataram mulai dari Mataram Kuno hingga Mataram Islam ditampilkan. Diantaranya ada arca-arca kebudayaan Hindu Budhha, gamelan, dan koleksi etnografi. Selain itu ada jejak sejarah berupa batik, lukisan, foto, hingga syair. Bangunan Museum Ullen Sentalu sendiri cukup luas dan terbagi ke dalam beberapa ruang berikut:

  •       Ruang selamat datang yang merupakan area penyambutan pengunjung.
  •       Ruang Seni Tari dan Gamelan yang dihadiahi oleh pangeran Kasultanan Yogyakarta.
  •       Ruang Syair.
  •       Ruang Guwa Sela Giri.
  •       Ruang Batik Vorstenlanden yang menyimpan koleksi batik zaman Sultan Hamengkubuwana VII – VIII dan Sunan Pakubuwana ke X – XII.
  •       Royal Room Ratu Mas yang merupakan tempat spesial bagi permaisuri Sunan Paku Buwana X.
  •       Ruang Batik Pesisiran.
  •       Sasana Sekar Bawana yang menampilkan patung tata rias asli Yogyakarta, lukisan sakral Bedhaya Ketawang, serta beberapa lukisan raja Mataram.
  •       Ruang Putri Dambaan yang menampilkan foto-foto milik Gusti Nurul, putri tunggal Mangkunegara VII.

Pict by: artcoolpst04.wordpress.com

Alasan Dibangunnya Museum

Desain bangunan Ullen Sentalu jauh dari kesan museum yang menjenuhkan. Kamu pasti betah belajar maupun melihat koleksi karya seni langka.

Hawa sejuk dari Gunung Merapi yang merasuk ke dalam tiap-tiap ruang museum membuat suasana kunjungan wisatawan menjadi lebih syahdu. Selama berada dalam kawasan wisata ini kamu harus mengikuti aturan yang berlaku. Berikut diantaranya:

  •       Mengikuti panduan guide selama kunjungan.
  •       Tidak menyentuh koleksi benda-benda di museum.
  •       Tidak membawa makanan maupun minuman dari luar.
  •       Pengunjung hanya boleh mendokumentasikan koleksi barang-barang sejarah setelah diizinkan pihak pengelola.
  •       Mematuhi protokol kesehatan.

Maka dari itu, setiap pengunjung harus memiliki kesadaran untuk tidak melanggar peraturan yang ada. Dengan berbagai kegiatan seru dan hal menarik di tempat ini, kamu juga bisa bersantai di café atau restoran. Ada hidangan khas Jogja dan kudapan lezat dari Beukenhof Bakkerij yang akan mengenyangkan perut.

Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Untuk alamat lengkap museum ini ada di Jl. Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu bisa datang setiap hari pada pukul 08.30 – 16.00 WIB. Nah, berapa harga tiket masuknya? Berkisar antara Rp. 50K – Rp. 100K per orang, dimana pengunjung dapat memilih jenis tur Adiluhung Mataram atau Vorstenlanden. Jika datang dengan rombongan di atas 15 orang, maka diharuskan untuk melakukan reservasi.

Fasilitas Museum Ullen Sentalu Jogja

pict by: atourin.com/

Berikut fasilitas umum yang ada di lokasi museum. Sudah cukup lengkap sehingga para wisatawan dapat beraktivitas dengan nyaman.

  •       Area parkir.
  •       Toilet.
  •       Tour guide.
  •       Papan informasi lengkap.
  •       Restoran atau cafetaria.

Ingin ke Museum Ullen Sentalu tanpa ribet? Jogja Tour Holic adalah solusinya! Di sini kamu dapat memesan paket wisata ke museum Jogja atau ke berbagai destinasi pilihan.  Caranya mudah, yaitu dengan menghubungi nomor Whatsapp 081391417727 atau kunjungi situs Jogjatourholic.com untuk melihat daftar paket wisata Jogja yang tersedia. Rencanakan liburanmu mulai dari sekarang.

Tags:

Share it !

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.