Beranda » Destinasi » Wisata Perak Kotagede

Membeli oleh-oleh saat liburan di Yogyakarta seperti menjadi hal wajib bagi setiap orang. Pilihannya pun sangat banyak, mulai dari gudeg, bakpia, baju, hingga kerajinan tangan. Nah, kali ini kami akan merekomendasikan oleh-oleh berupa kerajinan perak dari Kotagede. Cocok diberikan kepada saudara terdekat, khususnya para wanita.

Wisata Perak Kotagede memproduksi benda-benda perak dalam berbagai bentuk menarik. Harganya cukup ramah di kantong, mulai dari 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Seni kerajinan perak ini memang sudah ada sejak dahulu, sehingga jangan khawatir tentang kualitas barangnya. Para pengrajin perak Kotagede Yogyakarta terkenal mampu memproduksi perak terbaik dan sudah sangat sering melakukan ekspor ke luar negeri.

Sejarah Kerajinan Perak Kotagede

Kerajinan perak diketahui sudah ada sejak abad ke-16, dimana saat itu berdiri Kerajaan Mataram Islam. Tradisi pembuatan kerajinan perak ada ketika Panembahan Senopati yang pada waktu itu meminta abdi dalem kriya membuat perhiasan untuk keperluan keraton. Pembuatan kerajinan perak masih berlanjut hingga masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VIII, dan mulai dikenal dunia seiring berjalanya waktu.

Kerajinan Perak Kotagede mulai memasuki masa keemasan pada tahun 1930 sampai dengan 1940-an. Dengan munculnya beberapa perusahaan pengrajin perak. Selain meningkatkan kualitas hasil kerajinan perak, perusahaan tersebut juga menciptakan motif ukiran baru. Dalam periode selanjutnya, kerajinan perak berhasil bekerjasama dengan pihak luar negeri.

Sayangnya kerajinan perak saat ini sedang mengalami masa surut produksi. Para pengrajin sudah tak dapat mengandalkan perak sebagai penghasilan utama. Bahkan untuk terjun ke industri perak adalah pilihan terakhir jika mereka belum memperoleh pekerjaan. Di samping itu para pengrajin perak Kotagede masih tetap optimis bahwa akan ada masanya hasil produksi mereka berjaya seperti dulu.

Wisata Perak Kotagede, Surga Bagi Pecinta Perhiasan

wisata perak kotagede

Pict by: jamelatour.co.id

Tempat wisata sekaligus pusat oleh-oleh khas Jogja satu ini seakan menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan. Khususnya orang-orang yang ingin mengetahui cara membuat kerajinan perak dari ahlinya. Atau hanya ingin menghabiskan waktu liburan maka bisa datang langsung ke Kotagede. Selain wisatawan lokal, wisatawan asing juga meminati kerajinan perak ini lho.

Mereka datang untuk melihat jenis kerajinan yang diproduksi.  Ada gelang, kalung, cincin, dekorasi atau hiasan dinding, miniatur, anting, dan kerajinan unik lainnya. Selain kerajinan perak, pengunjung dapat menemukan batu akik serta kerajinan tangan yang terbuat dari kulit-kulit hewan. Di sini ada banyak benda unik untuk dijadikan oleh-oleh sehabis liburan. Inilah surga bagi para pecinta perhiasan perak di Jogja.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Pengunjung tempat wisata perak Kotagede tidak dipungut biaya atau bisa dikatakan gratis. Silahkan datang ke alamat Jalan Kemasan Gang Sawo KG. II/801A, Nyamplungan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Jika berangkat dari pusat kota mungkin akan memakan waktu sekitar 17 menit. Berikut ini fasilitas yang tersedia di pusat kerajinan perak Kotagede:

  • Area parkir
  • Wifi
  • Toilet
  • Workshop cara membuat kerajinan perak

Beberapa Wisata Dekat Kerajinan Perak Kotagede

wisata perak kotagede

Pict by: portonews.com

Bila sudah puas menjelajahi pusat kerajinan ini, selanjutnya kamu dapat berpindah ke tempat wisata lain di sekitar Kotagede.

Kemudian ada pasar Kotagede yang menjadi tempat berburu kuliner lezat. Masih belum cukup? Kalau begitu cek beberapa tempat wisata populer dekat Kotagede yang wajib kamu kunjungi berikut:

  • Situs warungboto merupakan sebuah situs bersejarah dari abad ke-18 yang dulunya merupakan Pesanggrahan Rejowinangun. Tempat ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan dari sisi timur Keraton Ngayogyakarta.
  • Gembiraloka Zoo adalah kebun binatang terbesar di Jogja. Di sini para wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa, seperti gajah dan reptil. Selain itu, terdapat banyak spot selfie yang instagramable.
  • Masjid Gedhe Mataram Kotagede adalah masjid tertua di Yogyakarta. Memiliki arsitektur bangunan unik dengan gapura mirip gapura rumah peribadatan hindu dan budha.

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata Perak Kotagede dan beberapa tempat populer lainnya di Yogyakarta? Tinggal pesan paket wisata Jogjatourholic. Pasti mudah, cepat, dan dengan harga yang sangat terjangkau.

Share it !

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.