Beranda » Destinasi » Wisata Edukasi Bhumi Merapi Park

Pict by: instagram/agrowisatabhumimerapi

Daerah Istimewa Yogyakarta bukan hanya terkenal sebagai Kota Pelajar namun juga menjadi destinasi wisata terpopuler di Indonesia setelah Bali. Di sini ada beragam tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Bhumi Merapi Park yang menawarkan wisata edukasi bagi para pengunjungnya. Terletak di daerah Kaliurang, dibangun di atas lahan seluas 5,2 hektar dan sudah diresmikan sejak tahun 2015 silam.

Bhumi Merapi mengusung konsep peternakan, perkebunan, sekaligus pertanian sehingga menjadi tempat alternatif untuk mengisi kegiatan liburan. Tidak rugi rasanya berkunjung ke sini, karena para wisatawan akan memperoleh banyak ilmu baru. Udara yang sejuk juga membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Belajar Beternak dan Berkebun di Bhumi Merapi Park

Bhumi Merapi menawarkan berbagai keseruan yang tiada habisnya, sehingga sangat populer di kalangan anak muda hingga orang tua. Dengan konsep taman rekreasi alam, menjadi destinasi piknik yang recomended bagi keluarga. Di sini para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan dan mencoba wahana seru. Daya tarik utama adalah budidaya peternakan hewan seperti kelinci, kambing, domba, hingga bebek.

Pengunjung bisa belajar, melihat, sambil memberi makan hewan-hewan tersebut dengan membeli pakan seharga Rp. 5000. Tentu kegiatan yang sangat menyenangkan bersama orang-orang tercinta. Selain hewan ternak, pengunjung dapat melihat koleksi hewan eksotis seperti burung merak, kura-kura, burung hantu, iguana, ular, dan lainnya.

Berburu Spot Foto Instagenic Bhumi Merapi

Pict by: www.hargatiket.net

Berfoto tentu menjadi kegiatan wajib selama kunjungan. Apalagi di setiap sudut tempat ini terdapat spot-spot yang mendukung. Bhumi Merapi memanjakan para pengunjung dengan spot foto bertema alam, bangunan kuno, hingga modern. Diantaranya ada bangunan kastil mirip Santorini yang terkenal keindahannya, perumahan Alpen khas Swiss, rumah hobbit, dan masih banyak lagi.

Santorini sendiri adalah bangunan kastil luas dengan dinding bebatuan yang di cat warna biru putih. Didesain semirip mungkin dengan bangunan aslinya yang ada di negara Yunani, sehingga akan menghasilkan foto liburan keren. Sebelum memasuki area ini, pengunjung akan melewati spot kastil dengan suasana Eropa pada abad pertengahan.

Selain itu, terdapat bangunan berwarna-warni yang membuat pengunjung seolah berada di luar negeri. Bangunan tersebut dilengkapi dengan dekorasi bunga, tulisan, serta miniatur yang menambah keunikannya. Ada juga tempat duduk berkanopi bagi pengunjung yang ingin bersantai menikmati pemandangan.

Melakukan Field Trip dan Mengunjungi Mini Farm

Bhumi Merapi Park juga sering dijadikan sebagai tempat melakukan kunjungan belajar atau study tour. Beragam aktivitas menarik dapat dilakukan pelajar di tempat wisata edukasi yang juga menawarkan wahana-wahana seru. Salah satunya adalah belajar mengenai cara bercocok tanam. Atau belajar budidaya hewan ternak di mini farm, bahkan mencoba memerah susu kambing Etawa. Itulah kenapa Bhumi Merapi disebut sebagai wisata edukasi terbaik di Yogyakarta.

Melihat Proses Pembuatan Kopi

Di mana lagi kamu bisa beternak dan berkebun bahkan melihat proses pembuatan kopi Luwak selain di Bhumi Merapi. Para pengunjung juga dapat membeli produk tersebut sebagai oleh-oleh. Menarik sekali, bukan?

Fasilitas

Bhumi Merapi Park termasuk destinasi wisata paling recommended di Yogyakarta. Tentu sudah tersedia fasilitas untuk menunjang kegiatan para pengunjungnya. Seperti berikut ini:

·       Toilet

·       Resto

·       Spot foto menarik

·       Area parkir

·       Area outbound

·       Area camping

·       Mushola

·       Mini farm

·       Taman bunga

·       Gazebo

·       Dan lainnya

Jam Buka, HTM, dan Lokasi Bhumi Merapi

Taman rekreasi ini sudah buka mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Kamu dapat berkunjung setiap hari dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 40.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk semua wahana permainan, fasilitas, hingga spot foto yang tersedia. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir berikut:

·       Mobil Rp. 5000

·       Motor Rp. 3000

·       Elf Rp. 10.000 – Rp. 15.000

·       Big Bus Rp. 25.000

Lokasi Bhumi Merapi ada di Jl. Kaliurang KM 20 Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Dengan akses yang terbilang cukup mudah, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Dari Kota Yogyakarta ikuti papan petunjuk jalan ke Kaliurang, kemudian menuju utara. Gunakan maps agar lebih cepat sampai ke tujuan, mungkin sekitar 40 menitan.

Tips Berkunjung

Pict by: @jogjaku

Karena tempat ini cukup populer, hindari berkunjung di saat weekend. Datanglah ketika weekdays untuk menghindari keramaian. Berikut beberapa tips berkunjung ke Bhumi Merapi Jogja:

·       Waktu terbaik untuk datang adalah saat cuaca cerah dan sebaiknya di pagi hari.

·       Membawa perlengkapan outdoor yang menunjang kegiatan outbond atau camping.

·       Membawa kamera untuk menghasilkan foto liburan terbaik di Yogyakarta.

Tips terakhir dari kami, belilah paket wisata Jogja Tour Holic dengan tujuan Bhumi Merapi Park. Kamu juga bebas mengcustom destinasi wisata sesuai keinginan. Tanya langsung pada tour planner yang siap membantu. Karena Jogja Tour Holic adalah penyedia paket wisata dan rental mobil terbaik di Yogyakarta.

Share it !

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.